Permasalahan email pada server web hosting khususnya cPanel sangatlah bervariasi, salah satunya adalah “could not complete sender verify callout”. Masalah ini muncul ketika terdapat email masuk namun pengirimnya tidak dapat di verifikasi oleh service email (exim) server kita. Hal ini sering terjadi karena pihak pengirim email tidak menginginkan adanya email balasan apapun dari penerima email.
Baca juga: Error “message has lines too long for transport” cPanel
Secara teori, callout atau callback pengirim seharusnya membantu mengatasi spam. Alur yang benar adalah ketika terdapat email masuk, service email (exim) akan menghubungi kembali server pengirim email untuk memverifikasi apakah akun email yang mengirimkan email kepada kita benar-benar ada di server pengirim? Jika benar ada, server pengirim akan membalas verifikasi yang dilakukan service email kita.
Lalu, bagaimana kita mengatasi error ini? Terdapat 2 opsi untuk mengatasi hal ini:
- Menghubungi pihak pengirim email untuk memperbaiki pengaturan emailnya agar dapat menerima email balasan.
- Menonaktifkan proses verifikasi di service email (exim).
Untuk opsi kedua ini kita bisa proses melalui WHM dari server webserver kita, berikut adalah langkah-langkahnya.
- Login ke WHM server yang digunakan terlebih dahulu.
- Masuk ke menu Service Configuration > Exim Configuration Manager.
- Kemudian di kolom pencarian tulis “Sender Verification Callouts“. Secara default seharusnya pengaturan ini adalah Off. Jika di server yang anda gunakan pengaturan ini On silahkan anda rubah menjadi Off dan Save.
- Setelah itu silahkan sobat teknis coba untuk menerima email kembali. Saat ini seharusnya masalah “could not complete sender verify callout” ini sudah tidak terjadi lagi.
Baca juga: Apa itu SPF Hard Fail dan SPF Soft Fail?
Selamat mencoba dan semoga cara ini bisa menyelesaikan permasalahan email sobat teknis. Sampai ketemu lagi di catatanteknis yang lain.